Selasa, 22 Desember 2015

Kopi Microsoft: Komponen-komponen Cpu dan fungsinya

CPU (Central Processing Unit),adalah perangkat terpenting dalam sebuah komputer yg memiliki peranan sebagai pengolah data atau pusat pemrosesan, seperti contoh ketika kita mengetik melalui keyboard, maka keyboard akan mengirim sebuah perintah ke CPU, dan disinilah peranan CPU, ia akan mengolah perintah dari keyboard tersebut dan menampilkannya pada monitor dalam bentuk tulisan yg kita ketik. 

Tentunya di dalam CPU terdapat berbagai komponen yg saling berhubungan, dan disini akan dipaparkan apa dan fungsi dari komponen-komponennya.
1.Casing
Casing merupakan bagian luar computer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung. Casing diibaratkan cangkang yang biasa ada di hewan seperti keong, kura-kura. Bentuk umum casing adalah kotak persegi panjang. Casing modern saat ini juga dilengkapi dengan kipas pendingin untuk pendinginan yang bias lebih dari satu buah.
Fungsi utama lainnya adalah sebagai pondasi atau tumpunan berdirinta komponen lainnya.seperti motherboard,sound card dll. Melindungi bagian dalamnya dari debu, benturan, sehingga benda-benda vital aman dan tidak cepat rusak. Zaman sekarang casing lebih bervariasi, kita bisa meminta warna dan bentuk sesuai keinginan kita.
2.Processor
 
           Processor adalah sebuah chip kecil yg berfungsi sebagai pemikir atau pemproses semua perintah yang diterima oleh CPU. Semakin tinggi tingkat processor-nya maka sebuah komputer akan semakin cepat juga memproses perintah dari aktifitas yg kita lakukan, dan tentunya harus diimbangi dengan komponen-komponen lainny
3.RAM
            RAM (Random Access Memory) adalah sebuah kartu grafis yang berfungsi untuk menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum ditampilkan dari perangkat yang ditujukan. Sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ram biasanya digunakan untuk penyimpanan penyimpanan primer dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif.


            Pemilihan ukuran RAM dilihat dari apa fungsi komputer itu nantinya, jika hanya dipergunakan dalam tingkat yang biasa ukuran RAM 2giga itu sudah cukup, tetapi jika kita ingin menggunakan komputer itu untuk desain grafis, bermain game berat, atau pun untuk membuka aplikasi-aplikasi yg besar, sebaiknya kita pilih RAM dengan ukuran 4giga atau dengan ukuran yg lebih besar lagi karna semakin besar RAM yg kita gunakan akan semakin bagus juga performa dari komputer kita


4.VGA


            VGA (Video Graphic Editor), adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. VGA berfungsi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor atau mengolah data grafis dan menampilkannya ke monitorcontohnya adalah ketika kita bermain game, game dengan ukuran yg besar biasanya akan membutuhkan VGA dengan spesifikasi yg tinggi agar game tersebut dapat berjalan lancar ketika kita mai
5.Hardisk
Fungsi hardisk adalah sebagai tempat penyimpanan semua data yg ada di dalam komputer dan berisi piringan magnetis, seperti data music, videos, picture, dll. Satuan ukuran dalam hardisk adalah byte, dan ukurannya pun bermacam-macam mulai dari 250giga, 500giga, 750giga, 1tera, dan lain sebagainya.
            Hardisk pertama kali diciptakan oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Biasanya di dalam hardisk terdapat lebih dari satu piringan untuk memeperbesar data yang dapat ditampung. Dalam perkembangannya sekarang hardisk secara fisik semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tamping yang besar. Data di dalam hardisk disimpan sebagai pulsa magnetic.pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. 
6.Sound Card
            Sound Card fungsinya adalah memerima sinyal digital dari komputer dan menjadi gelombang dan menghasilkan sinyal sonic ataupun merekamnyaSemua perintah suara yg ada di komputer diproses oleh sound card sebelum mengeluarkannya melalui speaker.
            Sesuai dengan pemasangannya sound card dibagi menjadi 3 :
*     Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada mother board komputer.
*     Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangan di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
*     Sound Card External, yaitu sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau Firewire.
7.Power Supply
Ini adalah komponen yg memiliki fungsi untuk mengalirkan daya listrik menuju komponen-komponen lainnya agar dapat hidup dan bekerja atau sebagai sumber daya untuk komponen lain. Power supply juga dibedakan dalam beberapa bentuk ukuran, seperti: 300watt, 380watt, 400watt, 450watt, 600watt. dll. 
8.Optical Disk Drive
 Optical Disk Drive atau sering disebut dengan cd/dvd room, merupakan sebuah perangkat yg berfungsi untuk membaca data apa pun yg telah kita masukkan ke dalam cd/dvd berupa piringan kompak dari jenis piringan optik yang dapat menyimpan data. Beberapa macam tipe dari optical drive adalah: CD ROOM drive, CD-RW drive, DVD-ROOdrivE,DVD-RWdrive
            Motherboard atau yg sering dipanggil MOBO, adalah sebuah komponen yg sangat penting dalam sebuah CPU, karna fungsinya adalah sebagai papan sirkuit atau sebagai penghubung dari semua komponen yg ada di dalam CPU,agar dapat saling berhubungan dan berkomunikasi. Setiap motherboard memiliki spesifikasi tertentu, seperti berapa maksimal ukuran RAM yg dapat dipasang dalam motherboard tersebut dan processor apa yg mendukung dalam motherboard ini
10.Fan
            Fan berfungsi mendinginkan komponen-komponen di dalam cpu.
11.Lan Card
            Lan card berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar